Kategori

PEMPROV BELUM BISA GRATISKAN RAPID TEST

image

WARUNG GLOBAL SELASA 1 SEPTEMBER 2020

TOPIK : PEMPROV BELUM BISA GRATISKAN RAPID TEST

EDITOR : SIKHA P

Seberapa efektifkah Rapid Test itu? Demikian pertanyaan yang disampaikan kawan global dalam acara dialog interaktif Warung Global kali ini yang mengangkat topic Pemprov Belum bisa gratiskan Rapid Test. Selama ini tes rapid menjadi persyaratan administrasi dinilai cukup memberatkan dari segi biaya dan hasilnya tidak efektif. Selain itu, para pendengar setia Radio Global 96,5 FM juga mempertanyakan apakah Pemprov Bali tidak memiliki dana untuk menggelar rapid test atau memang ikut aturan dari pusat?

Menurut Febri di Badung, soal covid-19 adalah tanggung jawab Negara/pemerintah, selain itu ia berharap agar pemerintah terbuka soal anggaran penanganan Covid-19 ini. Jika harus di tes swab, pemerintah harus memberikan subsidi karena biaya untuk tes usap ini tarifnya lumayan. Fra di Tabanan dan Kaka Dimas di Nusa Dua  juga menyampaikan saran yang sama. Dana Negara cukup besar harus digunakan dengan sebaik-baiknya.  . rapid test agar warga sehata, digratiskan pm hrs terbuka. Ini tangungjawab Negara terhaadap rakyatnya. Test swab mungkin disubdisidi.

Menurut Dewa Suparta di Bangli, Mestinya Bali sangat bisa menggratiskan rapid test, karena pendapatan dari pariwisata cukup besar, sementara NTB bisa menggratiskan tes rapid. Tergantung mau apa tidak.

Sementara Werdha di Gianyar kenapa tidak bisa menggratiskan? Apa karena tak ada dana atau karena mengikuti aturan di pusat? Ia juga menanyakan soal keefektifan rapid test ini. Ada beberapa kasus, ketika di rapid test hasilnya non reaktif, selanjutnya hasilnya positif covid ketika di swab test, jadi ia menilai kurang efektif sebaiknya langsung di tes swab saja, agar tidak membebani seluruh pihak. Apalagi test rapid utk kelengkapan adiministrasi, lalu apa gunanya. Yang jelas tak ada satu orang pun yang kebal akan virus ini

“ ini bukan musibah bali saja, tapi musiba dunia, “ demikian Mangku Ireng di Bajera, demi kepentingan bersama seharusnya berarapun dananya harus diupayakan oleh pemeirntah demi keselamatan kita bersama. (sik)

Tue, 1 Sep 2020 @15:05


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2020 globalfmbali · All Rights Reserved | powered by sitekno