Kategori

PEMKAB BANGKITKAN EKONOMI KREATIF.

image

WARUNG GLOBAL SENIN 2 MARET 2020.

TOPIK : PEMKAB BANGKITKAN EKONOMI KREATIF.

EDITOR : DIKA.

 

Mewujudkan pertumbuhan industri kreatif hingga bisa menjadi tulang punggung perekonomian nasional dilakukan dengan beragam cara. Penguatan dari hulu ke hilir terus dilakukan, salah satunya lewat Indonesia Architecture Creative Forum (IACF). Berikut rangkuman acara Warung Global yang disiarkan Radio Global 96,5 FM.

Budiada di Tabanan mengatakan peluang ekonomi kreatif sebenarnya sangat luar biasa dan pemain terbesar diantaranya adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Dengan demikian, perlu ada dorongan agar pelaku UKM dapat tumbuh, yakni membutuhkan keberpihakan dari pemerintah dalam hal permodalan. Selama ini, orang yang baru menjalankan usaha sangat kesulitan dalam modal. Diperlukan juga pendampingan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan. 

Menurut Werda di Gianyar, program ini sangat bagus apalagi saat ini sektor pariwisata Bali sedang terseok. Agar kebijakan tersebut tujuannya tercapai maka harus dilakukan pengawasan dan pengawalan. Ia mengharapkan agar pelaku ekonomi kreatif dibantu permodalan atau kredit tanpa angsuran dan harus ada aturan yang jelas dan tegas.

Witarsa di Badung menilai sektor ekonomi kreatif perlu didorong tumbuh karena mampu menyerap tenaga kerja yang banyak. Bagi daerah daerah yang mampu menumbuhkan sektor ekonomi kreatif, maka pertumbuhaan ekonominya pasti akan naik.

Bu Fera di Tabanan berpendapat kreativitas akan mendorong inovasi yang menciptakan nilai tambah lebih tinggi. Upaya untuk menggerakkan sektor ekonomi kreatif memerlukan sinergi dari semua pihak pelaku ekonomi kreatif. Salah satunya melibatkan para pelaku industri .Sinergi ini akan mendorong karya-karya kreatif dan mendapatkan nilai tambah yang lebih besar.

Darsa di Gianyar mengatakan dalam menghadapi tantangan yang semakin berat ke depan, kita perlu memperkuat kemampuan industri kreatif untuk bersaing dengan produk-produk  ekonomi kreatif impor. Berbagai inovasi dan kreativitas yang dihasilkan para pelaku industri kreatif juga memerlukan wadah untuk mengekspresikan karyanya yakni salah satunya adalah tempat pameran yang representatif. 

Sukadana di Tabanan beropini pertumbuhan ekonomi belum merata dirasakan oleh masyarakat. Pertumbuhan yang terjadi saat ini harus dievaluasi dengan memberikan ruang yang lebih luas bagi masyarakat lokal untuk menggarap berbagai potensi ekonomi kreatif yang ada agar memberikan manfaat. Pemerintah harus memikirkan keberlangsungan ekonomi kreatif masyarakat.

 

Mon, 2 Mar 2020 @14:24


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2022 globalfmbali · All Rights Reserved | powered by sitekno