Kategori

Hotel GBB Dilalap Si Jago Merah - Diduga Akibat Sambaran Petir dan Korsleting di Laundry Room

image

Hotel GBB Dilalap Si Jago Merah - Diduga Akibat Sambaran Petir dan Korsleting di Laundry Room

radioglobalgmbali.com | DENPASAR – Si jago merah dilaporkan  melalap bagian gedung di Grand Inna Bali Beach, Minggu (1/3). Media sosial dan WhatsApp Group (WAG) ramai memosting video terkait kebakaran hotel yang dibangun di era akhir jaman Bung Karno tersebut. Api nampak berkobar besar di bangunan bagian bawah dari hotel legendaris tersebut namun asapnya membumbung hingga ke lantai atas seakan-akan sebagian besar bangunan hotel terbakar. Diduga sebelumnya bagian atas hotel tertinggi di Bali ini sebelumnya sempat disambar petir sehingga menimbulkan kebakaran di laundry room.

Beberapa informasi yang berhasil dikumpulkan menyebutkan api berawal di Laundry Room Grand Inna Bali Beach, Sanur. Kepala BPBD Denpasar, IB. Jony Ariwibawa kepada wartawan menyatakan kebakaran terjadi di Laundry Room lantai dasar.

9 unit mobil Damkar dan BPBD Denpasar dari semua pos dikerahkan untuk memadamkan api yang asapnya nampak mengepul ke lantai 10. “Saat ini api sudah bisa dikuasai dan dalam proses pendinginan serta pengecekan. Damkar masih standby di lokasi,” ujarnya.

Sementara itu Kanitreskrim Polsek Denpasar Selatan, Iptu Hadimastika yang sempat dihubungi wartawan membenarkan kebakaran di GBB. “Belum tahu penyebabnya,” tegasnya.

Adapun kronologis kejadian adalah pada hari ini Minggu, tanggal 01 Maret 2020, sekitar pukul 18.00 wita, petugas jaga lobby atas nama I Wayan Sukadana, melihat ada kepulan asap di lantai 10 (sepuluh) Hotel GBB, kemudian dengan adanya kejadian ini, petugas jaga lobby melaporkan kejadian ini kepada petugas security Hotel GBB untuk mengecek TKP dan setelah dicek memang benar telah terjadi kebakaran pada bagian atap lantai 10 hotel GBB, selanjutnya berkat bantuan dan kerjasama dengan karyawan Hotel kejadian kebakaran dilantai 10 dapat dipadamkan apinya dengan menggunakan alat pemadam ringan selanjutnya water sprinkler bagian plafon juga ikut menyala membantu untuk memadamkan api dan api sudah dapat dipadamkan.

Kemudian sekitar pukul 18.30 Wita, karyawan juga melihat ada kebakaran juga di lantai bawah tepatnya di tempat laundry hotel. Dengan adanya hal ini selanjutnya petugas security menelpon Dinas Pemadam Kebakaran untuk segera merapat ke Hotel GBB.

Selanjutnya beberapa menit kemudian petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi dan berusaha untuk memadamkan api.
Informasi terbaru, kebakaran yang menimpa Hotel Inna Bali Beach, Denpasar pada Minggu (1/3) diduga terbagi dalam dua peristiwa. Pasalnya, api dan kepulan asap nampak di bagian atas dan bawah. Di bagian bawah, kebakaran terjadi di ruang laundry yang berada di lantai dasar. Sedangkan kedua, peristiwa kebakaran juga terjadi di lantai 10 yang merupakan lantai teratas. Informasi ini disiarkan Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, Made Rentin.

Rentin mengatakan penyebab kebakaran di lantai atas diduga lantaran sambaran petir. “Info sementara ada (dugaan) sambaran petir di lantai 10, namun masih dipastikan,” ujarnya. Kata dia, saat ini api sudah padam dan proses pendinginan.

Dugaan serupa disampaikan Kepala BPBD Denpasar IB. Jony Ariwibawa kepada wartawan. “Mungkin berhubungan ke bawah sampai apinya ke lantai dasar. Itu yang menyebabkan api ada di laundry,” katanya.

Belum diketahui berapa nilai kerugian yang ditimbulkan oleh kebakaran tersebutm Tidak ada dilaporkan korban jiwa dalam peristiwa ini.

Sun, 1 Mar 2020 @21:37

Copyright © 2022 globalfmbali · All Rights Reserved | powered by sitekno