Kategori

BALI MASIH TANGGUH KEMBANGKAN PERTANIAN

image

Ketut Mursi di Denpasar menyampaikan jika pertanyaannya adalah  mungkinkah kembali ke pertanian? Ia menjawab tak ada yang tidak mungkin. Begitupun sektor pertanian masih sangat tangguh, manusia bali tangguh, untuk kembali ke sector  pertanian ia sangat mengharapkan  para ilmuwan di sector pertanian agar turun gunung. Memberikan dan menyosialisasikan ilmunya kepada masyarakat, petani bagaimana teknik bertani yang bagus sehingga bisa menghasilkan hasil yang baik di zaman sekarang.

Hal senada juga disampaikan Sugik salah seorang warga di desa Mambal Badung. Pertanian bisa bangkit lagi bahkan bisa lebih canggih lagi dengan menerapkan inovasi teknologi. Dengan demikian masyarakat bisa bertahan meskipun tidak bergerak di bidang pariwisata.

Lain halnya Putu Arta di Padangsambian yang merasa sedikit optimis jika kembali ke sector pertanian. Pasalnya, sector pertanian tidak menjanjikan hasilnya dan tak sebanding dengan kompleksnya kebutuhan yang harus dipernuhi di era seperti saat ini. Disamping itu, SDM kita juga belum begitu tangguh jika kembali ke sector pertanian. Dia mengibaratkan kondisi Bali saat ini pincang. Meskipun sedikit pesimis, Fera di Tabanan menyarankan dalam situasi apapun kita sebaiknya selalu berdoa serta tetap berusaha.  Jika kembali ke  pertanian saat ini sepertinya agak sulit karena lahan sawah sudah banyak yang beralih fungsi.

Sementara menurut Bagus di Denpasar,  Pertanian merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh  manusia. Terutama di Bali semakin bertambah tahun penduduk di Bali bertambah semakin banyak dikarenakan jumlah wisatawan setiap tahunnya yang semakin meningkat. Oleh sebab itu pertanian merupakan bidang yang harus tetap dijaga dan dipertahankan kelestariannya jangan sampai punah hanya karena alasan untuk menyambut dan menjamu para tamu tersebut., Sebenarnya apa yang menjadi daya tarik Bali sebagai tempat wisata terkenal di dunia? Jawabannya adalah keindahan alam serta kebudayaan yang unik. Keindahan alam yang dimaksud adalah kelautan dan pertanian. Sebaiknya bersinergi antara smua sector. (sik)

 

Sat, 29 Feb 2020 @16:01

Copyright © 2022 globalfmbali · All Rights Reserved | powered by sitekno