Kategori

PANJI ASTIKA USUNG VISI NGARDI LOKA HITA TABANAN

image

Panji Astika setor formulir pendaftaran kepada Ketua Tim Penjaringan Bacabup & Bacawabup Golkar Tabanan, I Made Asta Dharma


TABANAN|radioglobalfmbali.com - Setelah melengkapi seluruh persyaratan administrasi Bakal Calon Bupati (Bacabup) Partai Golkar Tabanan, AA Ngurah Panji Astika, ST., melanjutkan mekanisme berikutnya yaitu menyetorkan dokumen formulir pendaftaran Bacabup Tabanan ke Sekretariat DPD II Partai Golkar Tabanan pada Sabtu (1/2/2020). Tokoh Tabanan asal Puri Anom tersebut datang bersama perwakilan yowana dan penglingsir puri dan jero sejebag Tabanan, pekandelan, komunitas milenial, pengusaha UMKM, seniman dan perwakilan semua lapisan masyarakat. Panji Astika diterima oleh Plt. Ketua DPD II Golkar Tabanan I Nyoman Wirya S.Sos., Ketua Tim Penjaringan Bacabup & Bacawabup Partai Golkar Tabanan untuk Pilkada 2020 I Made Asta Dharma, Ketua Tim Pilkada DPD I Golkar Provinsi Bali I Made Dauh Wijana, Wakil Ketua Golkar Prov Bali, Ketua Pemenangan Pemilu Wilayah Tabanan, Jembrana dan Buleleng Dewa Made Suamba Negara, Sekretaris Tim Penjaringan Bacabup dan Bacawabup I Ketut Budiadnyana dan sejumlah pengurus lainnya.


Sosok yang panggilan akrabnya Turah Panji ini dikenal peduli dalam pelestarian seni budaya ini sejak lama diperbincangkan masyarakat Tabanan dan dianggap sangat layak menjadi pemimpin di daerah Lumbung Beras tersebut. Mereka berharap Panji Astika dapat mewujudkan perubahan yang lebih baik melalui pembangunan di segala bidang terutama sektor budaya dan pertanian.


Kepada jajaran elit partai dan kader Golkar Prov Bali dan DPD II Tabanan serta di hadapan wartawan yang meliput di kantor partai yang terletak di Jl. Pahlawan No 10, Br. Sakenan Baleran, Desa Delod Peken, Tabanan, Ketua Asosiasi IPAL Indonesia (IpalINDO) tersebut menjelaskan pembangunan Tabanan saat ini sudah meningkat namun perlu dipacu lagi agar bisa menyamai bahkan melebihi daerah lainnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya lebih baik lagi dan menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih. Ia juga berharap seluruh elit, kader dan elemen partai Golkar bersemangat memenangkan para kandidat siapapun yang memperoleh rekomendasi nantinya.


"Jangan hanya kami para kandidat yang semangat untuk melakukan perubahan tapi mesti didukung sepenuhnya oleh elit partai dan seluruh kader di tingkat pusat maupun daerah. Tak ketinggalan pula konsolidasi dan koalisi dengan partai lain yang memiliki gerakan perubahan yang sama perlu segera diwujudkan. Saya berkecimpung dalam bisnis pengolahan air limbah hingga 1.000 titik lebih di Indonesia, pekerjaan saya mengubah sesuatu yang kotor menjadi bersih. Konsep itu yang akan saya terapkan jika nanti diberikan kesempatan menjadi Bupati Tabanan" tegasnya.


Ketua Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kab. Tabanan ini tersebut melihat pengembangan sektor pariwisata masih sangat terbuka. Di bidang pariwisata, masih banyak yang bisa digali seperti wisata kota dan wisata desa. Sektor kerajinan juga potensinya sangat besar. Khusus di sektor pertanian, menjadi penekanan Panji Astika karena hal ini berkaitan dengan ketersediaan lapangan kerja, budaya serta pelestarian alam. Ia yang juga aktif di Puskor Hindunesia Dekorda Tabanan ini menyebutkan semakin enggannya anak muda terjun ke pertanian salah satunya karena akibat ketidakstabilan harga, yang terkadang bagus namun saat panen raya harganya rendah bahkan anjlok drastis sehingga menimbulkan kerugian.“Saya yakin kalau pertanian ini bisa ditumbuhkan, selain akan membuka lapangan kerja juga menekan alih fungsi lahan. Kita harus fokus di sini sebab sebagian besar masyarakat menggeluti sektor pertanian dan menjaga pertanian penting bagi pelestarian lingkungan,” tegas pengusaha yang diketahui punya banyak relasi di dalam dan luar negeri tersebut.
Pentolan Garda Tipikor Tabanan ini menambahkan untuk memajukan pembangunan Tabanan, kualitas SDM harus mendapat perhatian serius. Apalagi di tengah pesatnya perkembangan teknologi (Industri 4.0). “Meningkatkan kualitas SDM akan membuka peluang lebih besar dalam memanfaatkan potensi dan peluang yang ada untuk menyejahterakan masyarakat,” ujarnya.


Panji Astika menegaskan kesiapannya maju sebagai Bakal Calon Bupati Tabanan dengan konsep pengabdian dengan tiga modal utama yaitu jujur, profesional dan kerja keras. Modal tersebut sangat dibutuhkan untuk berani maju di kancah perpolitikan Tabanan yang terkenal ganas di tengah hegemoni partai tertentu yang sedemikian kuat.
"Untuk maju di Tabanan ini butuh mental yang kuat dan teruji. Siapapun nanti yang beruntung bisa maju mangawal perubahan ini, kita akan dukung bersama. Kita adalah orang -orang yang punya visi bersama yaitu membuat perubahan yg lebih baik untuk Tabanan. Tentu tak mungkin melakukan hal itu sendiri. Kami memerlukan gerakan perubahan dari seluruh elemen masyarakat dengan Seshanti Ngardi Loka Hita Tabanan", ungkapnya semangat. 


Adapun visi besar yang ditawarkan Panji Astika dalam perhelatan Pilkada Tabanan 2020 ini adalah Loka Hita Tabanan. Menurut Panji Astika, Loka Hita adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menunjukkan sebuah cita-cita dunia yang harmonis, bahagia, sejahtera, yang dicapai melalui karma dharma, sewaka dharma, pengabdian yang tulus, pelayanan kepada masyarakat, kedisiplinan, kejujuran, kepemimpinan yang berkarakter dharma, dan implementasi hubungan harmonis antara Tuhan, Manusia dan Alam. Loka Hita berasal dari dua kata secara leksikal yakni Loka dan Hita. Loka berarti tempat, dunia, jagat baik itu melingkupi makro dan mikro, sementara Hita dalam bahasa Sansekerta berarti keharmonisan, kebahagiaan, keselarasan. Kata “Hita” juga diadopsi dalam satu mantra Tri Sandya yakni sarvapràni hitankara, keharmonisan, perlindungan semua makhluk di dunia. Istilah Loka Hita diadopsi dan diadaptasi sebagai sebuah akronim, menjadi bermakna Satu Loka, Satu Cita, Mewujudkan Tabanan yang Anandam (Kebahagiaan Sejati).


Ketua Umum Sabha Yowana Pratisentana Ida Bhatara Sira Arya Kenceng Tabanan tersebut juga mengungkapkan dengan berjuang masuk dan mengabdikan diri di pemerintahan melalui jalur politik akan mempercepat harapannya untuk ikut membangun Tabanan.Selama ini Panji Astika telah banyak berkiprah baik di bidang sosial, seni budaya maupun di bidang ekonomi dengan membuka banyak lapangan kerja lewat perusahaan yang didirikannya.


Usai acara dari kalangan yang hadir memberikan tanggapan positif seperti dari Ketua Sanggar Raja Buduh, Pasek Nuada yang selama ini giat mementaskan beragam kegiatan seni termasuk Drama Calonarang ini menuturkan figur Turah Panji panggilan akrabnya sudah tidak diragukan lagi. Partisipasi dan kontribusinya dalam membina dan memfasilitasi setiap perhelatan seni budaya yang mereka gelar sudah terbukti."Bukan saja seni tari tapi seni lukis, seni rupa, band milenial dan fotografi juga beliau berikan tempat untuk berekspresi di Puri Anom yang dianggapnya sebagai pusat kebudayaan di Tabanan", ujarnya bangga.


Tidak hanya kalangan seniman, namun pelaku ekonomi kreatif yang tinggal di Baturiti, Wayan Dini Darmikayasa juga menceritakan, Tabanan butuh figur yang membawa industri UMKM tumbuh pesat, profitable, maju dan sukses hingga mampu ekspor ke mancanegara."Setelah saya bertemu dan berdiskusi dengan Turah Panji, banyak ide, gagasan kreatif dan strategi bisnis jitu yang saya dapat serap dari pemaparan yang disampaikannya. Sebagai seorang pungusaha sukses beliau sudah tentu memiliki perspektif luas dan memang paham betul bagaimana proses produksi yang baik, efisiensi, membuat kemasan menarik, tips & trik penjualan, pemasaran produk dan layanan pasca produksi. Beginilah seharusnya seorang pemimpin yang berjiwa entrepreneurship", ungkapnya serius mengerjakan dulang fiberglass buatannya.


Sementara itu pemandu pariwisata, Kadek Aryawan menilai pariwisata Tabanan belum seluruhnya dikembangkan dan dikemas secara optimal dan digarap profesional. Padahal menurutnya tidak sedikit potensi obyek wisata yang kondisinya masih alami, eksotis dengan panoramanya yang indah namun tersembunyi dan perlu dibangun akses jalan atau infrastruktur menuju ke lokasi."Air terjun, lembah, danau dan pemandangan sawah terasering di kabupaten kita puluhan bahkan mungkin ratusan jumlahnya. Ini kalau didata dan dikelola dengan manajemen yang bagus akan bernilai ekonomi. Pendapatan bisa masuk ke masyarakat lokal dan juga sebagai tambahan sumber PAD Kabupaten Tabanan. Orang yang capable dan pasti akan merubah potensi menjadi sebuah prestasi adalah Panji Astika" paparnya optimis.


AA. Ngurah Panji Astika, ST., adalah seorang pengusaha handal dan sukses di bidang Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) atau Waste Water Management dengan wilayah usaha dan mengerjakan proyek di seluruh Indonesia. Pria tamatan Teknik Mesin Universitas Brawijaya tahun 1997 tersebut selain bergerak di sektor bisnis tapi di sela-sela kesibukannya juga rajin mengajak calon investor untuk turut serta mengembangkan investasi di tempat kelahirannya, Tabanan. Tidak lupa pula setiap pulang ke Puri Anom ia bersama istri tercinta Tumas Dewi Rahmayani bersama keluarga selalu menyempatkan diri bercengkrama dengan warga masyarakat, seniman, tamu-tamu asing yang berkunjung ketika ada pentas acara kesenian. Panji Astika adalah Ketua Forum Pelestari Budaya Tabanan (FPBT) yang rutin dan intens membina dan melestarikan seni budaya Bali. Kesehariannya nampak tanpa sekat dengan orang lain, jauh dari sikap feodal sekalipun berasal dari kalangan puri yang cukup disegani dan mencerminkan watak yang egalitarian dan demokratis. Inilah saatnya Tabanan membutuhkan kehadiran seorang Panji yang akan memberikan perubahan dan kemajuan pembangunan yang lebih baik. 


Panji Astika yang beristrikan AA Sagung Mas Dewi Rahmayani SE., yang dianugerahi seorang putri AA Sagung Ayu Tribhuwana Wulan Nadarin dan 2 orang putra AA Ngurah Gede Semara Winangun Dharma dan AA Ngurah Anom Artha Dharma Wicaksana ini juga menjadi pendiri dan menjalin hubungan baik dengan beberapa organisasi lainnya seperti Forum Studi Majapahit, Garda Puri Sejebag Bali, Sabha Yowana Dharma Ksatria Bali, Paiketan Krama Bali, Gema Perdamaian, Forum Silaturahmi Keraton Nusantara Wilayah Bali dan Garda Jokowi.


Untuk diketahui Pilkada Tabanan 2020 menurut jadual di KPU Tabanan akan berlangsung pada tanggal 23 September 2020 nanti namun pergerakan dari masing-masing tokoh dan bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup) mulai menggeliat bahkan sudah ada yang mengambil formulir pendaftaran Bacabup & Bacawabup di Sekretariat DPD II Partai Golkar Tabanan, seperti Bacabup ada 2 kandidat no urut 1. AA Ngurah Panji Astika, ST. dari non kader dan kalangan profesional, no. 2. I Gusti Kade Heri Angligan sedangkan untuk Bacawabup no urut 1. Putu Bagus Wira Tenaya, ST., MT. no. 2 Jero Putu Tesan dan no 3. dr. I Gusti Ngurah Putera Sentosa.


AA. Ngurah Panji Astika sebelumnya telah datang bersama tim pendukungnya untuk mengisi formulir pendaftaran Bacabup Tabanan dari Partai Golkar diterima Biro Hukum dan HAM, Made Alit Ardika didampingi jajaran pengurus DPD II Partai Golkar Tabanan dan Panitia Penjaringan Bacabup dan Bacawabup di Sekretariat DPD II Partai Golkar Tabanan Senin (20/1/2020) lalu.

Sat, 1 Feb 2020 @16:05

Copyright © 2020 globalfmbali · All Rights Reserved | powered by sitekno