WARUNG GLOBAL RABU 27 APRIL 2016

WARUNG GLOBAL RABU 27 APRIL 2016 

TOPIK : BELAJAR OLAH LIMBAH TINJA KE FILIPINA

Agung Jaya Negara di Denpasar,yang dikirim belajar ke filipina agar rakyat jelata yang benar-benar ingin bekerja di pengolahan limbah.Nanti setelah selesai,ilmu yang didapat bisa disebarkan ke kabupaten/kota yang lainnya.Dalampengolahan limbah kabupaten Tabanan perlu diapresiasi. Tinja bisa menjadi salah satu alternatif untuk dijadikan bahan baku pupuk organik yang berkualitas dan dapat menghasilkan energi alternatif berupa biogas.

Arya di Denpasar,jasa penguras WC perlu diawasi agar tidak membuang limbah tinjanya sembarangan dan mencemari lingkungan.Sistem pemrosesan limbah harus dikelola dengan baik. Sosialisasi untuk mengubah cara pandang masyarakat terhadap sampah maupun limbah tinja perlu dilakukan untuk  perubahan yang lebih positif terhadap lingkungan maupun ekonomi masyarakat.

Patra di Gianyar,limbah perlu segera dipindahkan dari sumber di mana limbah dihasilkan agar tidak mengganggu lingkungan dan diikuti dengan pengolahan, pemanfaatan kembali  secara aman ke lingkungan untuk melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Bu Vera di Tabanan,keberadaan limbah maupun sampah harus dapat dipahami oleh masyarakat sebagai sumber daya yang dapat menghasilkan keuntungan ekonomi, sekaligus kebaikan bagi lingkungan. Perubahan pola pikir dan perilaku masyarakat menjadi tujuan utama, memanfaatkan sampah yang dihasilkan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Darka di Tabanan,Masyarakat seringkali tidak memperhatikan bagaimana membuang atau mengolah limbah rumah tangga agar tidak mengganggu lingkungan. Masyarakat menganggap pengelolaan lingkungan dianggap urusan yang memboroskan biaya dan tidak menguntungkan. Padahal limbah seperti tinja masih bisa dimanfaatkan.

Gung Raka di Gianyar,yang berangkat ke Filipina harus orang pilihan agar bisa menyerap ilmu pengolahan limbah dengan baik.Disamping itu,pemahaman dan penyadaran di kalangan masyarakat terutama pelaku usaha sangat penting dilakukan karena hal tersebut menjadi kunci dasar perubahan perilaku masyarakat terkait pengelolaan dan pemanfaatan limbah.Selain tinja, sampah limbah domestik juga berpotensi diolah menjadi barang ekonomis.

editor : Dika

Wed, 27 Apr 2016 @15:23


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+5+7

Copyright © 2017 globalfmbali · All Rights Reserved
powered by sitekno