Selidiki Kasus Korupsi KPK Akui Sudah Turun ke Bali

image

Jakarta -

Menjamurnya praktik korupsi di Bali, telah direspons Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Juru Bicara KPK Johan Budi memastikan lembaganya sedang menyelidiki indikasi penyimpangan anggaran di Bali. Penyelidikan itu berdasarkan pengaduan dari Bali yang masuk ke meja KPK. Rata-rata pengaduan datang dari kalangan masyarakat.

Ditegaskan, KPK menerima pengaduan dari masyarakat Bali seputar indikasi korupsi. Karena jumlahnya cukup banyak, pihaknya harus mengecek lagi jenis korupsi apa saja yang dilaporkan. Dari pengaduan itu, katanya, KPK sudah melakukan penelusuran dan penyelidikan. ''KPK sudah mulai menelusuri banyaknya pengaduan korupsi dari Bali, kita akan cek satu per satu dan dikaji secara mendalam,'' kata Johan Budi kepada Bali Post, Rabu (17/7) kemarin.

Ditambahkan, dari berbagai laporan yang masuk, KPK akan memilahnya sesuai dengan potensi adanya korupsi. Lalu, penyidik melakukan penelusuran dan pengumpulan data. ''Khusus di Bali, kita pastikan lakukan penelusuran,'' tegasnya. Jika ditemukan potensi korupsi, penyidik dipastikan menaikannya ke status penyidikan.

Johan menegaskan, pihaknya akan selalu merespons laporan apa pun dari masyarakat terkait korupsi. Namun, karena keterbatasan tenaga penyidik, dia meminta masyarakat bersabar. Saat ini total penyidik KPK hanya 74 orang. Padahal, pengaduan dari masyarakat rata-rata mencapai 100 - 800 kasus per bulan. Pengaduan ini datang dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Bali.

Lalu, korupsi mana yang dilidik ke Bali? Berdalih untuk kepentingan penyelidikan, Johan enggan membeberkan kasus yang sedang diselidiki. ''Itu persoalan teknis. Yang jelas, kita telusuri dan selidiki berbagai pengaduan korupsi dari Bali,'' tegasnya lagi.

Proses penyelidikan ini berdasarkan telaah dan skala prioritas dari penyidik KPK. Jika masuk penyidikan, pihaknya memastikan akan terbuka ke publik. ''Sekarang masih tahap penelusuran, kalau penyidikan korupsi di Bali belum ada,'' pungkasnya.

Johan pun mengajak warga Bali ikut memberikan informasi seputar korupsi, sehingga praktik korupsi bisa diberangus bersama. Bahkan, Ketua KPK Abraham Samad dijadwalkan akan berkunjung ke Bali. (kmb30)

Sumber : Bali Post

Thu, 18 Jul 2013 @14:51


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 3+1+3

Copyright © 2017 globalfmbali · All Rights Reserved
powered by sitekno