Cara Menjaga Kesehatan Mata

image

MATA merupakan jendela hati bagi setiap orang, lantas bagaimana anda memperlakukan mata dalam kehidupan sehari-hari selama ini?

Berapa jam waktu yang Anda habiskan di depan komputer dalam sehari? Belum lagi menonton televisi di rumah. Beberapa kebiasaan buruk kerap muncul dari dua kegiatan tersebut tanpa disadari. Melihat dengan jarak dekat atau juga mengucek mata karena merasa lelah.

Meski sepele, kebiasaan tersebut mempengaruhi penurunan kesehatan mata. Padahal memelihara mata merupakan investasi penting dalam kelangsungan hidup. Sama halnya dengan jantung, hati, atau otak. Seperti dilansir Times of India, berikut beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk memiliki penglihatan yang sehat.



Asupan Gizi

Mengonsumsi ikan minimal dua kali seminggu adalah cara mudah menjaga kesehatan mata. Ini juga cara menghindari dehidrasi dan penglihatan lebih tajam. Manfaat ini diberikan oleh asam lemak omega-3, lutein, dan zeaxanthin yang dibutuhkan mata. Selain ikan, anda dapat menambahkan konsumsi makanan yang kaya akan beta karotin seperti wortel, aprikot, dan blueberry.



Mengedip

Mengedipkan mata adalah olahraga ringan untuk mengendurkan saraf mata. Selain itu juga menjaga mata tetap bersih, menghilangkan debu serta kotoran yang menempel. Sebuah studi menyarankan anda untuk melakukan latihan mengedipkan mata selama tiga kali dalam empat detik. Terutama bagi anda yang banyak bekerja di depan komputer.



Relaksasi

Anda dapat menggosokkan kedua telapak tangan untuk menciptakan efek hangat, kemudian meletakkannya pada mata sambil menggosoknya perlahan. Metode ini membantu relaksasi mata dan menghindari noda debu pada mata.



Sinar Matahari

Sinar matahari tidak hanya dibutuhkan tulang, tetapi juga mata. Sinar tersebut membantu meningkatkan kesehatan mata dan pupil dengan meregangkan otot-otot mata yang tegang.



Pijat Kepala

Memijat kepala sekali seminggu dengan minyak esensial dapat meningkatkan gelombang beta di otak bagian depan. Ini juga membantu penglihatan jadi lebih fokus. (pusdat/berbagai sumber)

Sumber : Bali Post

Wed, 17 Jul 2013 @14:44


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+1+8

Copyright © 2017 globalfmbali · All Rights Reserved
powered by sitekno