MOS SMK Giri Pandawa Rendang

Amlapura - Memasuki tahun ketiga, SMK Giri Pandawa Rendang, Karangasem makin mendapat tempat di hati masyarakat. Terbukti jumlah siswa baru yang diterima terus meningkat. Tahun ini menerima 187 siswa. Berbagai peningkatan sarana prasana maupun SDM terus diupayakan sehingga SMK ini mampu memberi pelayanan prima kepada masyarakat dan mencetak SDM terampil, tangguh dan siap terjun ke dunia kerja maupun berwirausaha di bidang pariwisata maupun teknologi informasi. Hal itu terungkap dalam pembukaan masa orientasi siswa (MOS) sekolah setempat, Senin (15/7) kemarin. MOS kali ini diikuti 187 peserta dari jurusan akomodasi perhotelan dan teknik komputer jaringan.

Kepala SMK Giri Pandawa Rendang Ngakan Putu Murtika mengatakan, MOS sangat penting sebagai tahap awal pengenalan agar siswa baru mampu mengikuti pendidikan dengan baik. Diharapkan MOS mampu membantu siswa baru menyatu dan beradaptasi dengan warga sekolah, mengembangkan kreativitas dan memberdayakan potensi siswa sesuai minat bakatnya serta menanamkan semangat dan wawasan kewirausahaan. "MOS kali ini benar-benar bernuasa edukatif dan terbebas dari perpeloncoan," tegasnya.

Pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas sarana prasarana baik ruang kelas belajar, lab maupun SDM. Untuk itu dia menjalin kerja sama dengan berbagai stakeholder untuk penempatan training siswa. "Kami juga bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang mendidik dan memfasilitasi tenaga kerja ke kapal pesiar sehingga siswa setelah tamat bisa mendapat peluang bekerja di kapal pesiar," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Dikmen Disdikpora Karangasem Ketut Sudana didampingi Camat Rendang AA Made Agung Surya Jaya mengapresiasi MOS di SMK Giri Pandawa Rendang yang bebas dari perpeloncoan. Namun lebih menekankan pendidikan karakter dan kewirausahaan. Ia menilai SMK ini mengalami kemajuan baik menyangkut sarana prasana maupun SDM. "Kami akan mendukung penuh keberadaan SMK ini karena sangat berdampak positif bagi masyarakat," katanya. Sebelum pelaksanaan MOS, para siswa baru SMK Giri Pandawa Rendang mengikuti tirtayatra dan mendaki ke puncak Pura Pandawa serangkaian upanayana dan uji ketahanan fisik sehingga siswa siap lahir dan batin menempuh pendidikan di SMK tersebut. (wid)

Sumber : Bali Post

Tue, 16 Jul 2013 @14:40


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 2+0+2

Copyright © 2017 globalfmbali · All Rights Reserved
powered by sitekno