Sidang Kasus Cebongan Kesaksian Baru tentang Keberadaan 'Kruk' Jelang Eksekusi 4 Tahanan

image

Bantul - Serda Ucok Tigor Simbolon mengaku menembakkan AK-47 setelah dipukul 'kruk' (tongkat penyangga kaki) oleh Diki Cs. Belasan saksi tak melihat kejadian itu, tapi kali ini ada saksi yang membuat pengakuan berbeda. Apa kesaksiannya?

"Saya melihat Juwan memegang kruk sambil berjongkok," ungkap saksi Anwarudin di Pengadilan Militer II/11 Yogyakarta, Senin (15/7/2013). Juwan yang dimaksud Anwarudin adalah Yohanes Juwan Manbait, salah satu tersangka kasus pembunuhan anggota Kopassus Serka Heru Santosa.

Anwarudin bersaksi bersama 7 tahanan lainnya, yakni Agung Rismawan, Imam Bahrudin, Ucup Suryana, Sugeng Darmanto, Yusuf Sihotang, Agung Kristianto, dan Jumari. Mereka memberikan keterangan untuk terdakwa Serda Ucok Tigor Simbolon, Serda Sugeng Sumaryanto, dan Kopral Satu Kodik.

Dalam sidang yang dipimpin hakim ketua Letkol (Chk) Joko Sasmito, selain Anwarudin, saksi Ucup Suryana, Yusuf Sihotang, dan Agung Kristianto juga melihat Juwan memegang kruk. Benda itu diletakkan di dekat pintu sel. Juwan memegang kruk bersama Diki sambil berjongkok.

Yusuf Sihotang mengaku tidak mengetahui secara jelas apakah kruk itu dilemparkan ke arah pintu atau tidak dan digunakan memukul Serda Ucok atau tidak.

"Hanya saja, setelah itu, ada suara seperti benda jatuh," kata Yusuf yang saat dipindahkan ke Lapas Cebongan sama-sama mendiami sel tahanan Polda DIY bersama Diki cs.

Saat bersaksi untuk temannya, Serda Ikhmawan Suprapto, Selasa (2/7/2013) lalu, Serda Ucok mengaku diserang terlebih dulu. Dia dipukul dengan kruk dari belakang pintu sel oleh Diki cs saat masuk ke dalam sel Blok A5 LP Cebongan. Besi itu terjatuh dan kemudian ada seseorang dari balik pintu yang akan menyergapnya.

"Dengan cepat saya tarik senjata dan saya khawatirkan senjata saya direbut. Saya tembak orang tersebut," kata Ucok saat itu.

Sejauh ini, sidang kasus Cebongan telah menghadirkan belasan saksi. Sebagian besar merupakan tahanan, sisanya petugas LP. Baru kali ini ada saksi yang membenarkan adanya 'kruk' itu.

Sumber : Detik.com

Mon, 15 Jul 2013 @14:40


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 5+1+4

Copyright © 2017 globalfmbali · All Rights Reserved
powered by sitekno