Bantu Korban Tanah Longsor.. Bupati Geredeg Intruksikan Segera Pulihkan Kondisi Rumah Korban

BUPATI Karangasem I Wayan Geredeg, S.H., M.AP., Kamis (11/7) lalu menyerahkan bantuan bagi korban tanah longsor di lima titik bencana di dua wilayah Kecamatan Selat dan Sidemen, seraya menginstruksikan BPBD segera membantu pemulihan kondisi rumah korban.

Dalam kunjungan keliling itu, Bupati Geredeg langsung mendatangi satu per satu rumah lokasi korban bencana tanah longsor, yang terjadi saat badai hujan tanggal 9 Juli 2013. Korban yang didatangi, antara lain korban di Dusun Juuk Legi Duda Timur, Dusun Kikian Sidemen, Dusun Pakudansih, Muncan Selat, Dusun Benekase, Muncan, Selat dan tiga lokasi di Desa Selat Kecamatan Selat. Rata-rata korban longsor akibat rumahnya terkena longsoran bangunan akibat struktur tanahnya yang labil dan berada di tempat rawan longsor.

Sementara dari Dinas Sosial Provinsi Bali juga memberikan bantuan berupa sandang, pangan dan tikar. Untuk korban rumah tidak layak huni diminta agar dibantu dengan bedah rumah, sedangkan untuk pemulihan kondisi rumah pasca longsor dibantu pemulihannya.

Untuk membantu kondisi rumah korban, Bupati Geredeg menginstruksikan kepada BPBD agar bekerja sama membantu sepenuhnya para korban untuk membersihkan lokasi tanah longsor. Kepada masyarakat diminta agar tidak panik menghadapi cobaan, Pemkab Karangasem senantiasa memberikan perhatian dan bantuan. Untuk itu, korban diharapkan tabah menghadapi bencana alam yang menimpa dan senantiasa waspada terhadap adanya bencana alam yang sewaktu-waktu datang, khususnya saat musim hujan. Bantuan yang diberikan hendaknya tidak dilihat besar kecilnya tetapi niat untuk membantu meringankan beban warga adalah misi utama.

Korban longsor yang terjadi di dua wilayah Kecamatan Selat dan Sidemen, masing-masing I Nengah Dumung (Kikian), Ni Putu Mudayana (Pakudansih), I Wayan Suta (Dalem Duda), I Gusti Gede Raka (Peringsari, Selat) dan I Gusti Lanang Ngurah Adnyana asal Babakan, Peringsari.

Kepala BPBD Karangasem, I Nyoman Sutirtayasa, S.T., M.T., mengaku siap menindaklanjuti arahan Bupati Karangasem, terkit rehabilitasi kondisi para korban bencana longsor di sejumlah titik bencana tersebut. (ad3)

Sumber : Bali Post

Sat, 13 Jul 2013 @15:32


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+8+2

Copyright © 2017 globalfmbali · All Rights Reserved
powered by sitekno